• Rab. Apr 17th, 2024

Pemicu Kekuasaan Junta Myanmar

ByWangseo

Feb 13, 2024

monsterpbn99.com – Pemicu Kekuasaan Junta Myanmar, yang juga sebelumnya di kenal sebagai Burma, telah ada selama berpuluh-puluh tahun dan terjadi karena sejumlah faktor yang kompleks. Beberapa Pemicu Kekuasaan Junta Myanmar antara lain:

  1. Krisis Politik Pasca-Kemerdekaan:

    Setelah kemerdekaannya dari kekuasaan kolonial Britania pada tahun 1948, Myanmar mengalami ketidakstabilan politik yang juga signifikan. Persaingan antara kelompok etnis, konflik bersenjata, dan ketidakmampuan untuk mencapai konsensus politik menyebabkan pemerintahan yang lemah dan rentan terhadap intervensi militer. Baca Juga Bisnis

  2. Militerisasi Regime:

    Militer di Myanmar telah memainkan peran yang juga signifikan dalam politik negara sejak awal kemerdekaannya. Pada tahun 1962, militer mengambil alih kekuasaan dalam kudeta yang di pimpin oleh Jenderal Ne Win, yang membawa Myanmar ke dalam periode pemerintahan militer yang otoriter dan otonom. Baca Juga Olahraga Extreme

  3. Krisis Ekonomi:

    Krisis ekonomi yang dalam, korupsi yang merajalela, dan kebijakan yang tidak efektif dari pemerintahan sipil selama periode pasca-kemerdekaan berkontribusi pada ketidakpuasan sosial dan ketidakstabilan politik. Junta militer mengklaim bahwa mereka mengambil alih kekuasaan untuk “menyelamatkan” negara dari kekacauan.

  4. Dorongan Ideologis:

    Pemerintah militer di Myanmar telah mengutamakan nasionalisme etnis Bamar (Mayoritas), dan menggunakan retorika nasionalis dan anti-asing untuk mempertahankan kekuasaan mereka. Konflik etnis juga berkepanjangan dan kekerasan terhadap minoritas etnis, seperti Rohingya, juga menjadi bagian dari strategi mereka untuk mempertahankan kekuasaan.

  5. Kebijakan Anti-Oposisi:

    Junta militer di Myanmar telah menindas oposisi politik dan gerakan demokratis, termasuk aksi keras terhadap demonstrasi damai dan penangkapan pemimpin oposisi seperti Aung San Suu Kyi. Kekuasaan mereka juga di dukung oleh kontrol atas media, keamanan negara, dan institusi-institusi kunci lainnya.

Dengan demikian, pemicu kekuasaan junta militer di Myanmar sangat kompleks dan berkaitan dengan sejarah politik, ekonomi, dan sosial negara tersebut.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *